Bangunan Yang Memiliki Unsur Desain, Asas Desain Dan Prinsip Desain

Villa Dall'ava

 



Arsitek: 
Rem Koolhaas

Insinyur Struktural:
Marc Mimram

Lokasi:

Avenue Clodoald, 92210 Saint-Cloud, Perancis.

Tahun:
1991

Singkatnya, klien menginginkan type rumah seperti Le Corbusier's Villa Savoye, tetapi dia menginginkan versi yang baru. Kali ini, dia menginginkan lebih banyak penggunaan kaca pada rumah yang terletak di bagian barat Paris, Saint-Cloud ini.

Rem Koolhaas meyakinkan untuk tidak hanya mengikuti konsep penggunaan kaca, konsep bentuk yang sederhana Le Corbusier's pada Villa Savoye juga dijadikan sebagai desain akhir. Klien yang memutuskan, seberapa berhasilnya penggabungan konsep dengan struktur bangunannya.

Klien juga meminta ada kolam di atap, mungkin terlihat sebagai pembaruan dari atap taman Le Corbusier's. Pada point ini, Mr. Koolhaas selangkah lebih maju, dan dia membuat “kolam jembatan” diantara 2 segmen apartemen yang terpisah.

  •      Unsur Desain:


A.    Titik
         Apa itu Titik? Apa definisi dari titik? Menurut beberapa sumber yang saya baca, Titik adalah bagian terkecil dari suatu objek, yang menempati suatu tempat, yang tidak memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Titik adalah suatu idea tau bisa disebut abstrak. Dikarenakan titik tidak bisa dijelaskan dengan cara biasa, Titik termasuk sesuatu yang tak terdefinisi. Seperti yang anda lihat diatas (Ditunjukkan oleh tanda panah) bahwa pada bagian interior bangunan (Plafond) terdapat komposisi titik yang Kontras, Kontras menurut saya karena jika dilihat dari pusatnya menuju bagian terluar komposisi ini semakin memudar dan jika kita melihatnya maka kita akan langsung terfokus pada bagian pusat dari komposisi itu (Daya tarik / yang menarik). Pada bagian lantai juga bermotif titik, hanya saja memiliki komposisi yang kontras dan komposisi itu juga tidak terlihat jelas pada foto ini. Kesan,kesan apa yang saya lihat? Yang saya lihat dari komposisi titik diatas adalah bahwa komposisi titik ini memberikan nuansa ramai pada interior bangunan.


B.    Garis
        Anda lihat kolom-kolom pada foto diatas? Yang anda pikirkan pertama kali pasti “Kenapa kolom-kolom itu dipasang tak beraturan dan kenapa kolom-kolom itu begitu kecil?” Saya memilih kolom ini karena kolom-kolom ini menurut saya sangat mewakili dari unsur Garis, jika dilihat dari bentuknya yang kecil dan panjang memang sangat mirip dengan garis. Lalu kenapa kolom ini dipasang tak beraturan? Sebenarnya kolom-kolom ini dipasang sangat beraturan dan mengikuti struktur yang benar dan jika dipasang seperti ini tentunya terlihat lebih menarik. Lalu kenapa kolom ini begitu kecil? Kolom ini sebenarnya bukan terbuat dari beton melainkan terbuat dari Baja yang berbentuk silinder, meski terlihat begitu kecil tapi dari materialnya kolom ini sangatlah kuat. Lalu Garis Sendiri itu apa? Garis adalah bentuk geometri yang dilukiskan oleh sebuah titik yang bergerak. Garis hanya mempunyai satu dimensi yaitu panjang. Ada 3 jenis garis yaitu: garis lurus, garis penghubung terpendek antara dua titik yang tidak bertepatan. Yang terakhir, apa kesan yang saya tangkap dari kolom diatas? “Kecil-kecil cabai rawit” Mungkin istilah itu yang paling tepat untuk kolom diatas, meskipun kecil tapi kuatnya bukan main. Dan penempatannya juga sangat bagus menurut saya.

C.    Volume
       Sebenarnya banyak dari bagian Villa Dall’ava yang hanya berbentuk ruang balok panjang. Nah, kalau ruang pasti identik dengan volume. Ini sesuai dengan pengertian volume yaitu penghitungan seberapa banyak ruang yang bisa ditempati dalam suatu objek. Objek itu bisa berupa benda yang beraturan ataupun benda yang tidak beraturan. Benda yang beraturan misalnya kubus, balok, silinder, limas, kerucut, dan bola. Nah, diatas ada gambar yang mewakili volume dari Villa Dall’ava. Ini memberikan kesan bahwa Villa Dall’ava adalah bangunan yang Solid, menurut pandangan saya seperti itu.

D.    Tekstur
       Saya kembali menampilkan gambar diatas karena gambar itu memiliki objeck Tekstur yang akan saya bahas pada bagian ini. Pertama-tama saya mulai dengan pengertian Tekstur sendiri, yaitu kualitas tertentu suatu permukaan yang timbul sebagai akibat dari struktur 3 dimensi dan juga merupakan unsur rupa yang menunjukkan rasa permukaan bahan, yang sengaja dibuat dan dihadirkan dalm susunan untuk mencapai bentuk rupa, sebagai usaha untuk memberikan rasa tertentu pada permukaan bidang pada perwajahan bentuk pada karya seni rupa secara nyata atau semu. Pada foto diatas terdapat bidang yang lapisi dengan Batu Alam yang menerut saya dapat dikatakan sebagai Tekstur Aktual karena menunjukkan adanya kesamaan antara kesan yang diperoleh dari hasil penglihatan dan rabaan. Dengan ditambahkannya Batu Alam pada bidang itu memberikan kesan yang natural menurut saya, karena Batu itu dipasang sampai permukaan tanah sehingga terlihat menyatuh secara alami.
E.    Warna
       Jika kita melihat Villa Dall’ava dari kejauhan maka yang nampak hanyalah Warna Merah dan juga Putih. Seperti halnya warna api, darah, maupun Matahari, warna merah kerap berkonotasi dengan kekuatan, adrenalin, gairah, serta semangat. Dunia psikologi sering kali mengaitkan arti warna merah dengan energi, gairah, kekuatan, kegembiraan, cinta, enerjik, kemewahan, nafsu dan peringatan. Selain itu, warna merah juga identik dengan kekerasan, kecemasan, bahkan agresivitas. Sedangkan Putih erat kaitannya dengan kesan bersih, suci, ringan, dan “terang”. Adapun diyakini punya “kekuatan” untuk mengurangi rasa sakit, tidak heran jika warna putih sering kali dijumpai dalam dunia kesehatan. Seperti halnya di rumah sakit. Menurut saya kombinasi antara warna merah dan putih ini memberikan kesan yang elegan. 

F.    Bidang
       Untuk pembahasan tentang Bidang silahkan anda amati gambar diatas, setelah anda amati pasti anda sudah tahu kalau hampir semua bagian dari bangunan itu mempunyai Bidang. Baik itu bidang jajar genjang, persegi panjang, bahkan kolom yang beebentuk silinder alasnya juga lingkaran. Saya mendapatkan kesan bahwa:
  Bidang horizontal dan vertikal yang memberikan kesan tenang, statis, stabil, dan gerak.
  Bidang bundar yang memberikan kesan kadang stabil, kadang gerak.
  Bidang segitiga yang memberikan kesan statis maupun dinamis.
  Bidang bergelombang (Pada dinding yang dilapisi Alumunium bergelombang) yang memberikan kesan irama dan gerak.

  •      Asas Desain


A.    Ulang (Pengulangan).
         Saya sendiri sedikit susah untuk menjelaskan definisi dari Pengulangan, tapi bisa anda lihat diatas. Perhatikan tanda panah diatas, tanda panah itu menunjukkan sebuah bidang dimana bentuk dari bidang yang ada didepan dibuat atau ditiru kembali pada bidang yang ada dibelakang. Dengan ukuran yang sama, jendela yang sama, dinding yang sama juga tapi hanya warna yang berbeda. Mungkin dari kalimat itu anda sendiri bisa menebak pengertian dari Pengulangan. Kesan yang saya dapat adalah pengulangan itu membuat tampak dari bangunan menjadi lebih unik, unik karena  bagian belakang itu hampir dibuat sama persis dengan bagian yang ada didepan.

B.    Kontras
         Kontras menurut sepengetahuan saya adalah sebuah komposisi yang memiliki daya tarik, jika kita melihatnya maka kita akan langsung terfokus pada daya tarik dari komposisi itu. Sekarang coba anda perhatikan tanda panah yang menunjukkan komposisi diatas, terdapat komposisi titik pada bagian tengah interior (Plafond). Jika anda memperhatikan komposisi tersebut maka semakin menjauh dari pusatnya komposisi tersebut akan semakin memudar dan hilang, dan jika kita melihatnya maka mata kita akan langsung tertuju ke bangian tengah. Itulah bagian dari Villa Dall’ava yang menunjukkan adanya Kontras. Terkesan komposisi ini memberikan nuansa yang berbeda, plafond menjadi lebih enak dipandang.


C.    Laras 
       Kembali lagi pada bangian interior bangunan.coba anda perhatikan tanda panah diatas, tanda panah itu menunjukkan adanya sebuah komposisi titik pada lantai bangunan. Tapi komposisi ini berdeda dengan yang ada diplafond, komposisi ini tidak memiliki titik fokus atau daya tarik jika kita melihatnya. Yaa, itu merupakan  Laras yang diwakilkan pada komposisi titik. Ini memberikan kesan kalau lantai tidak terlihat sepi tapi kurang suka dengan dengan warna serta komposisinya.

D. Utuh
      Utuh dari segi bahasa berarti sempurna sebagaimana adanya atau sebagaimana semula (tidak berubah, tidak rusak, tidak berkurang, dan sebagainya. Coba anda lihat gambar diatas dan perhatikan setiap bagian-bagiannya (bentuk balok,silinder,jajar genjang, dll) apakah ada bagian tersebut yang terlihat rusak, berkurang, berubah, terpotong? Menurut saya tidak, dan menurut saya utuh yang bisa saya artikan dari bangunan ini adalah bentuk-bentuknya. Memberikan saya kesan yang simple, simple tapi sangat bagus.
  
  • Prinsip Desain



A.    Kesatuan
       Disain dalam arsitektur mencerminkan prinsip kesatuan apabila ada kesatuan antara bagian-bagian bentuk dari struktur bangunan, ada kesatuan antara ruang-ruang dan penggunaan warna, ada kesatuan antara bentuk bangunan dengan lingkungan, ada kesatuan antara bentuk dan fungsi bangunan sesuai dengan ide dasar. Lalu bagaimana dengan Villa Dall’ava apakah bangunan tersebut bisa dikatakan mencerminkan Prinsip Kesatuan? Jika kita melihatnya secara teliti maka semua unsur dari Villa Dall’ava sangatlah menunjang satu sama lain. Salah satu contohnya adalah kesatuan antara bentuk, betuk dari bangunan ini sangatlah sederhana hanya berupa kotak-kotak saja dari ujung sampai akhir.

B.    Keseimbangan 
       Keseimbangan merupakan prinsip dan penciptaan karya untuk menjamin tampilnya nilai-nilai keselarasan dan keserasian yang mendukung prinsip kesatuan dengan menggunakan unsur-unsur seni. Karena fungsinya yang menampilkan nilai-nilai keserasian dan keselarasan maka prinsip ini juga sering disebut prinsip harmoni
Kembali lagi kita memperhatikan tanda panah diatas, perhatikan perbedaan warnanya. Bidang yang luas diberi warna cerah ‘Putih’sedngkan bidang yang kecil diberi warna gelap ‘Merah. Ini menurut saya pribadi adalah Keseimbangan antara warna. Saya sendiri sangat suka dengan pemilihan warna ini karena dengan warna ini memberikan kesan keserasian dan keselarasan.

Dinding dengan bidang yang lebih kecil diberi tekstur kasar dengan ditempel menggunakan batu alam, sedangkan dinding yang bidangnya luas ditempel dengan dengan aluminium bergolombang yang memiliki tekstur halus. Ini juga merupakan keseimbangan antara tekstur menurut saya.

C.    Proporsi
Dari yang saya baca dibuku catatan milik saya, Proporsi yaitu  perbandingan antara bagian dengan bagian atau bagian dengan keseluruhan. Nah, sekarang silahkan anda perhatikan bidang yang dicat merah diatas. Pada bidang itu terdapat jendela, yang saya maksud proporsi pada bagian ini adalah perbandingan antara bidang merah tersebut dengan jendela yang ada di dalamnya. Ini menurut saya sangat terkesan serasi dan sangat cocok sekali.

C.    Skala
 Adalah perbandingan antara object dengan object yang lain.
       Nah, sekarang silahkan anda bandingkan sendiri antara object bangunan Villa Dall’ava dengan object manusia yang ada disamping. Bagaimana menurut anda? Bangunan ini terkesan besar kan? Yaa, selain terkesan besar, bangunan ini juga terkesan megah dan kokoh namun sederhana menurut saya.













Komentar